Bahan Alami Untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

0
353
Masker lemon untuk mengecilkan pori

Pori pori besar merupakan salah satu masalah bagi wanita, tentunya selain jerawat dan bruntusan ya. Karena jika pori-pori kita besar, tentunya bisa menyebabkan masuknya kotoran, debu dan sisa makeup yang kita pakai. Tidak semua produk pembersih dapat membersihkan hingga masuk kedalam pori-pori, produk yang mengandung zat asam salisilat dapat membersihkan hingga ke dalam pori – pori.

Cara mengecilkan pori pori yang besar

Kesalahan yang dapat menyebabkan pori-pori menjadi besar yaitu :

  1. Jarang Peeling

Peeling penting dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di wajah kita, karena jika tidak dibersihkan atau di kikis maka sel-sel kulit mati itu akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga terjadilah jerawat dan dapat menyebabkan pori-poti tampak membesar karena sumbatan tersebut. Jadi rajinlah untuk peeling wajah kita paling tidak dua kali seminggu. Jangan terlalu sering ya karena kulit juga perlu waktu untuk regenerasi.

  1. Tidak rutin memakai sunscreen

Paparan sinar matahari dan sinar UV sangat buruk untuk kulit kita, maka janganlah malas untuk memakai sunscreen atau tabir surya. Selain menjadikan pori-pori besar, sinar uv juga bisa membuat kusam wajah kita. Jika kalian berada dibawah sinar matahari langsung, paling tidak pakailah sunscreen setiap 2 jam sekali.

  1. Sering Memencet komedo sendiri

Biasanya tangan kita suka usil pengen membersihkan komedo yang ada di wajah, selain membuat tidak pede komedo bisa membuat makeup kurang sempurna. Namun jangan lakukan sendiri dirumah karena jika salah penanganan akan menjadikan pori-pori menjadi lebih besar karena sewaktu kita mengeluarkan komedo di satu tempan biasanya  jaringan disekitar juga ikut tertarik jadi pori-porinya melebar.

  1. Sering mencuci wajah

Mungkin kita sering berpikiran jika wajah akan selalu terlihat bersih jika sering dicuci, ternyata itu salah karena jika kita sering mencuci muka maka kulit akan menjadi kering sehingga memicu kelenjar minyak untuk mengeluarkan minya lebih banyak, alhasil pori-pori kita bisa menjadi semakin besar. Solusinya jika ingin mencuci muka, cucilah sehari dua kali. Kecuali jika berwudhu ya, cuci muka yang dimaksudkan disini adalah cuci muka menggunakan sabun.

  1. Kosmetik yang komedogenik

kenal tipe wajah kita. Untuk apa? Untuk menentukan kosmetik mana yang cocok dengan tipe kulit yang kita miliki, jangan sampai kita memilih kosmetik yang acne prone atau yang bisa menyebabkan penumpukan komedo. Kosmetik yang komedogenik bisa menyumbat pori-pori, hal ini diperparah jika kosmetik tidak dibersihkan. Jadi jangan pernah tidur dengan tidak membersihkan kosmetik kalian ya.

Setelah tau apa yang bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan dan melebarnya pori-pori kita, kita harus bisa menjauhi 5 hal tersebut ya cantik. Lalu bagaimana jika pori-pori kita sudah terlanjur besar? Sebenarnya kita nggak bisa mengecilkan atau membesarkan pori-pori, namun kita hanya bisa membuatnya terlihat agak kecil dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tips yang pertama menggunakan Lidah buaya, seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali manfaat dari lidah buaya ini, salah satunya untuk merangsang kolagen di kulit kita. Kenapa kita butuh kolagen, karena elastisitas kulit dipengaruhi oleh kolagen. Kolagen akan berkurang kadarnya karena paparan dari sinar matahari yang mengandung uv, jika kita kekurangan kolagen maka kulit akan kendur dan menyebabkan pori – pori besar. Selain merangsang kolagen, lidah buaya ini bisa mengontrol produksi minyak berlebih yang telah kita ketahui bisa menyebabkan pori-pori kita terlihat besar. Sebelum kita pakai di wajah, sebaiknya kita tes dulu apakah cocok untuk kulit kita atau tidak karena terkadang ada orang yang alergi. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya yang sudah dikupas dibagian belakang telinga, tunggu hingga beberapa menit, jika terasa gatal pedih atau panas jangan dilanjutkan segera cuci dengan air. Jika tidak ada masalah boleh langsung diaplikasikan di wajah.

Putih Telur

Yang Kedua adalah Putih telur, sama halnya dengan lidah buaya putih telur ini selain bisa mengencangkan wajah dapat juga mengontrol minyak di wajah. Hasilnya bagus untuk membuat pori-pori terlihat kecil, namun hasil ini tidak tahan lama, biasanya hanya 1-2 hari saja bisa bertahan.

Lemon

Masker lemon untuk mengecilkan pori

Yang Ketiga adalah Lemon, sari lemon dapat mengangkat sel kulit mati yang dapat menjadi masalah jika dibiarkan begitu saja. Selain itu lemon juga bisa sebagai astringent yang bisa membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Sebagai catatan karena lemon yang bersifat asam, sebaiknya jangan dipakai pada siang hari, kulit yang terkena lemon bisa lebih sensitive jika terpapar sinar matahari dan bisa menimbulkan iritasi. Jadi pakainya kalau malam aja ya cantik.

Tomat

Ke empat yaitu Tomat, fungsinya hamper sama dengan lemon. Tomat bagus untuk mengontrol minyak di wajah, membuat efek pembengkakan pada pori-pori namun jangan takut karena efek bengkak itu membuat pori-pori terlihat lebih kecil dan kulit terlihat. Cara pemakaian sama dengan lemon, yaitu di malam hari saja agar tidak terjadi iritasi.

Karena yang kita gunakan disini adalah bahan alami, jadi jangan mengharapkan hasil yang instan ya. Semua butuh waktu untuk hasil yang mengejutkan, sebagai saran carilah skincare yang mengandung beberapa zat diatas agak kulit semakin halus karena pori-pori tidak terlihat besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here