DIY Masker Alami Untuk Jerawat dan Mencerahkan Wajah

0
278
Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (10)

Menggunakan masker alami itu bagus banget untuk kesehatan kulit wajah, jadi salah satu cara untuk membuat kulit kita glowing natural itu dengan cara memakai masker alami. yang aku suka dari masker alami dia harganya murah dan lebih aman karena engga ada bahan kimia didalamnya. tapi sama halnya kaya kita beli sheetmask atau claymask yang punya banyak varian jadi harus disesuaikan dengan jenis kulit kita, kalau kita pakainya salah justru bisa bikin wajah jadi breakout. contohnya kulit kalian kering tapi pakai masker yang fungsinya untuk menyerap minyak nanti malah hasilnya kulit jadi tambah kering. apalagi kalo kalian yang punya kulit sensitif harus lebih hati hati lagi, bahkan kalau kulit kalian normal dan mau pakai masker alami aku saranin kalian pakai sedikit dulu di aplikasikan di belakang telinga buat tau ada reaksi yang berlebihan atau engga, apakah ada iritasi yang bikin kulit jadi panas, gatal, kemerahan kalau ada tanda tersebut berarti masker tersebut engga cocok di kulit kalian. masker yang akan aku rekomendasiin dibawah belum tentu cocok untuk segala jenis kulit.

Lemon dan Madu

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (3)

masker ini berfungsi untuk mencerahkan wajah. tapi masker ini engga aku saranin untuk kalian yang punya kulit sensitif karena lemon itu engga cocok untuk kulit sensitif karena bisa bikin gatal dan iritasi. masker ini lebih aku saranin untuk kalian yang punya kulit berminyak, kombinasi, dan normal. masker ini mempunyai fungsi utama mencerahkan wajah yang kusam karena kandungan vitamin C di dalam lemon dan kandungan anti bakteri yang ada di dalam madu. lemon memang punya kandungan vitamin C walaupun saat dipakai kulit terasa cekit cekit tapi dia bener bener ampuh untuk mencerahkan. kalau madu memang dia bagus banget dan multi fungsi, jadi selain sebagai makanan dan minuman madu juga bisa dijadikan sebagai masker wajah dan bibir, bisa juga buat campuran untuk membuat scrub alami. selain itu kalian bisa mencampurkan lemon dengan gula pasir untuk dijadikan scrub, dia dapat  mencegah kulit dari jerawat dan komedo. fyi, buah lemon dan semua buah citrus itu bikin kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. jadi setelah kalian pakai masker yang ada bahan lemonnya jangan langsung keluar atau terpapar sinar matahari dulu.

cara pakai :

Untuk cara pembuatan masker ini juga gampang banget caranya tinggal campur 1 sendok teh madu  dengan buah lemon yang sudah kalian peras. kemudian oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. masker ini bisa kalian pakai 2x seminggu. kalau di rumah kalian engga ada madu, campurannya bisa diganti sama rose water, oatmeal, dan yoghurt. fungsi lain dari campuran lemon kaya madu, rose water, oatmeal, dan yoghurt itu untuk mengurangi efek samping dari lemon saat dipakai di wajah.

Putih Telur

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (5)

masker putih telur berfungsi untuk mencerahkan wajah. protein yang terkandung dalam putih telur  bisa memacu pertumbuhan  sel sel baru  yang membuat sel tersebut bisa menggantikan kulit wajah yang kusam dengan sel kulit yang baru. makanya banyak banget masker berbahan putih telur yang dijual dipasaran kaya masker peel off gitu. selain itu masker ini berfungsi untuk menjaga keramajaan kulit, mengurangi kerutan diwajah, dan menghaluskan wajah.

cara pakai :

cara pakainya gampang, kalian tinggal ambil putih telur mentah terus dioleskan ke seluruh wajah  kurang lebih 15 menit sampai terasa kencang , habis itu bisa kalian bilas. masker ini lebih baik dipakai di siang hari dan jangan keseringan pakainya cukup 2x seminggu aja.

Tomat

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (8)

tomat juga berfungsi untuk mencerahkan wajah karena kandungan vitamin E yang membuat wajah jadi terlihat lebih cerah dan mampu menghilangkan mata panda. tomat juga mengandung senyawa likopen yang sejenis dengan senyawa antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini. tomat ini selain untuk dimakan dia juga ternyata punya khasiat untuk dijadikan sebagai masker wajah.

cara pakai :

ada dua cara untuk pemakaian masker tomat ini, yang pertama kalian iris buah tomat menjadi beberarapa potong terus kalian tempelkan di wajah. cara yang kedua, kalian tumbuk atau blender tomatnya terus diaplikasikan ke wajah. terserah kalian lebih suka  pakai cara yang mana tapi keduanya khasiatnya sama aja. dengan memakai masker tomat ini engga ada efek sampingnya tapi dia cukup digunakan 1-2x seminggu aja.

Bengkoang

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (12)

 

masker bengkoang ini berfungsi untuk mencerahkan sekaligus mampu untuk menghilangkan bekas jerawat. dia mengandung vitamin C yang membuat proses penyembuhan luka bisa lebih cepat, jadi kalau kalian pakai masker bengkoang pada saat jerawat masih basah itu justru bikin jerawatnya cepet kering. dia juga mengandung senyawa beta karoten dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan.

cara pakai :

untuk cara pemakaian dan pembuatan masker ini engga susah tinggal kalian tumbuk atau blender sama kaya tomat tadi, terus kalian aplikasiin ke wajah secara merata. diamkan selama 15 menit terus kalian bilas. masker ini juga bisa kalian gunakan 1-2x pemakaian selama satu minggu.

Kentang

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (7)

kalau dari kalian ada yang bertanya, kok kentang bisa dijadikan sebagai masker?  jawabannya adalah karena dia mengandung mineral dan vitamin yang mampu memudarkan noda bekas jerawat  dan flek hitam. apalagi kalo buat kalian yang suka mencetin jerawat, masker kentang ini cocok banget buat kalian.

cara pakai :

untuk cara pemakaian dan pembuatannya tinggal kalian potong kentang secara tipis tipis terus kalian tempelin di permukaan wajah terutama yang ada noda dan flek hitamnya. lalu diamkan selama 15 menit dan dibilas menggunakan air hangat. lakukan 2x seminggu.

Timun

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (1)

masker timun cocok banget untuk kulit berjerawat dan yang mempunyai masalah dengan bekas jerawat. dia mengandung vitamin magnesium yang berfungsi untuk membentuk sel kulit baru, lapisan sel kulit baru yang terbentuk akan menggantikan sel kulit lama yang sudah rusak .

cara pakai :

untuk menggunakan masker timun ini gampang banget tinggal kalian iris buah timunnya menjadi beberapa potong terus kalian tempel di area wajah yang terdapat bekas jerawat, kalau kalian mau pakai full wajah juga bisa banget. diamkan selama 20 menit  kemudian bisa dilanjutkan dengan skincare lain jadi engga perlu dibilas. dilakukan 2-3x seminggu.

Es Batu

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (11)

es batu ini ampuh banget untuk mengecilkan pori pori diwajah. cara pakainya gampang banget tinggal kalian bungkus es batu pakai sapu tangan atau handuk kecil lalu dikompres kewajah selama 15 menit setiap hari. selain bisa untuk mengecilkan pori pori es batu juga bisa membuat wajah jadi lebih fresh.

Air Rendaman Beras

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (6)

air rendaman beras bisa untuk mengecilkan pori pori dan mencerahkan wajah yang kusam. dia mengandung asam fenolik serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan dapat mengecilkan pori pori diwajah, selain itu fungsi air beras juga bisa untuk menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan wajah dan membuat wajah menjadi glowing natural.

cara pakai :

cara pakainya kalian siapin air cucian beras yang sudah bersih lalu endapkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian bawah yang seperti tepung terkumpul, jadi didiemin dulu engga langsung dipakai. setelah itu kalian pisahkan air dengan tepung endapan tersebut terus kalian buang airnya, habis itu kalian pakai tepung endapannya untuk aplikasiin ke seluruh wajah. lakukan 2-3x seminggu untuk hasil yang maksimal.

Minyak Zaitun

Diy masker alami untuk jerawat dan mencerahkan wajah (1)

minyak zaitu mengandung zat hyaluronic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah supaya engga muncul keriput pada usia dini. apalagi untuk usia 25 tahun keatas biasanya udah mulai banyak garis garis halus jadi lebih baik coba masker minyak zaitun. dia juga kaya akan antioxidant yang disebut polifenol yang membantu untuk melindungi sel sel kulit dari kerusakan. karena itulah minyak zaitun merupakan masker untuk mengecilkan pori pori wajah yang paling efektif. fyi, minyak zaitun adalah minyak berat yang engga gampang diserap dengan mudah oleh kulit karena itu minyak ini malah menciptakan lapisan pada kulit, jadi kalau kalian lagi pakai masker ini jangan ke tempat yang berdebu nanti debunya bisa nempel dan mengakibatkan jerawat. usahakan menggunakan masker ini sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal.

cara pakai :

campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu lalu aplikasikan di seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit supaya meresap ke kulit. setelah itu kalian bilas menggunakan air hangat hingga bersih. lakukan selama 1-2x seminggu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here