Memilih Produk Kecantikan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

0
487
Ibu hamil

Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu ketika kita sudah menikah, dan selama kehamilan kita pastinya akan berusaha menjaga janin agar sehat dan terhindar dari penyakit. Jika kita adalah tipe wanita yang suka sekali berdandan, jangan khawatir hal itu masih bisa kalian lakukan jika tengah hamil. Namun harus cermat ya memilih produk kecantikan yang aman buat calon bayi kita, jangan sampai apa yang kita pakai nantinya jadi masalah untuk anak. Dibawah ini akan kita bahas apa yang boleh dan yang harus dihindari untuk pilihan produk kecantikan yang akan kita gunakan.

Ibu hamil

Berikut Bahan atau Kandungan Produk Kecantikan yang harus Kalian Hindari

Hidroquinon

Bahan ini banyak didapatkan dalam produk kecantikan yang fungsinya untuk memutihkan kulit. Hidroquinon ini sebaiknya dihindari selama kehamilan maupun setelah kehamilan, karena efek yang ditimbulkan tidak sebanding dengan hasil yang kalian dapatkan. Menurut penelitian 45% dari hidroquinon yang kalian aplikasikan diwajah akan terserap dalam tubuh, logikanya jika kondisi kalian sedang hamil darah kalian juga akan diserap oleh janin, takutnya akan berakibat buruk untuk janin. Walaupun memang belum ada penelitian yang menyebutkan akan berakibat buruk untuk janin namun kita harus berjaga-jaga agar bayi kita sehat kan.

Retinoid

Retinoid banyak digunakan pada produk kecantikan yang berhubungan dengan jerawat dan anti aging. Biasanya dalam kemasan produk dituliskan retinoic acid, retinyl palmitate, retinaldehyde, adapalene, tretinoin, tazarotene, dan isotretinoin. Kebanyakan dokter akan menyarankan ibu hamil tidak menggunakan kosmetik dengan bahan retinoid ini karena dapat menyebabkan resiko cacat lahir pada bayi.

Tetracycline

Tetrasiklin merupakan salah satu antibiotik yang biasa diresepkan untuk penderita jerawat dan penyakit lyme. Jika diberikan untuk ibu hamil dapat menyebabkan rusaknya hati dan dapat menghitamkan gigi bayi yang akan tumbuh nantinya.

Phthalates

Phthalates biasa dipakai dalam cat kuku, parfum dan skincare, hal ini bisa menyebabkan meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil dan dapat juga menyebabkan keabnormalan pada janin, ADHD hingga diabetes.

Formalin / Formaldehyd

Jika dalam produk kecantikan kalian masih disebutkan adanya bahan formaldehyde, quaternium-15, dimethyl-dimethyl (DMDM), hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, dan sodium hindarilah untuk memakainya, karena hal ini buruk untuk perkembangan janin. Biasanya zat ini masih ditemukan dalam produk pelurusan rambut, lem bulu mata dan cat kuku.

Botulinim toxin

Zat ini banyak ditemukan dalam produk  kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan pada wajah. Memang tidak ada studi yang menjelaskan efek botox pada bayi yang sedang berkembang, namun karena kerja botox berfungsi melumpuhkan otot, jadi keriput tidak akan tampak. Bukan berarti hal ini aman untuk bayi ya, karena kita tidak bisa mengetahui efek apa yang ditimbulkan, jadi sebaiknya hindari saja daripada menyesal nantinya.

Thioglycolic acid

Thioglycolic acid adalah bahan aktif yang ditemukan di sebagian besar krim penghilang rambut. Meskipun tidak ada studi tentang pengaruh zat kimia ini terhadap bayi yang sedang tumbuh, sebaiknya dihindari penggunaannya untuk ibu hamil. Karena menurut studi di amerika, batasan pemakain untuk zat ini hanya 5% namun kenyataannya masih ditemukan dalam produk 15,2%.

Dihydroxyacetone

Zat yang biasa disebut DHA ini banyak ditemukan dalam produk untuk tanning (pencoklatan kulit). DHA tidak menyerap dalam kulit, namun banyak terhirup sewaktu pemakaian dan ini tidak baik untuk ibu hamil.

Amonia

Zat ini banyak ditemukan dalam produk pewarnaan rambut, jadi hindarilah mewarnain rambut kalian jika sedang hamil. Amonia dapat mengiritasi paru-paru dan kulit, jadi hindarilah memakai produk dengan kandungan amonia.

Toluene

Kebanyakan cat kuku memiliki kadar toluene dalam produknya, zat ini bersifat karsinogenik jadi sangat tidak baik untuk ibu hamil.

 

Itulah beberapa zat atau kandungan dalam produk kecantikan yang harus kalian hindari pemakaiannya ya, agar bayi kita nanti lahir sehat. Sekarang kita bahan bahan perawatan kecantikan yang aman untuk ibu hamil.

Pelembab wajah

Pelembab

Hal ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, karena perubahan hormone yang begitu pesat pastilah banyak keluhan pada kulit. Carilah pelembab sekaligus alas bedak yang mengandung SPF, karena jenis tinted moisturizer ini sangat ringan dan tidak bertahan lama di kulit, jadi aman digunakan oleh ibu hamil.

 

Pelembab Bibir

Pelembab bibir

Carilah pelembab bibir yang bebas paraben dan petrochemical, karena pelembab bibir pasti akan masuk ke dalam mulut dan tertelan. Jadi harus lebih ekstra hati-hati memilih pelembab bibir ini, menurut pengalaman yang bagus digunakan adalah merk Burt’s Bee.

Bedak

Bedak

Jika ingin menggunakan bedak maka gunakanlah bedak yang bebas dari mineral oil, hydroquinone, lanolin, DEA, formaldehyde, paraben, SLS, dan petrolatum. Dengan begitu, sudah pasti aman digunakan oleh ibu hamil.

Sunscreen

Sunscreen

 

Produk kecantikan yang tak kalah penting digunakan oleh ibu hamil adalah sunscreen. Jadi pilihlah sunscreen yang memiliki kandungan zink oksida (zinc oxyde) dan titanium yang bersifat ringan sehingga tidak akan menembus permukaan kulit, namun cukup kuat untuk menangkal sinar matahari.

Itulah produk kecantikan yang boleh dan tidak boleh digunakan oleh ibu hamil ya, jadi jangan khawatir walaupun sedang hamil tapi boleh dong tetap cantik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here