Tips Liburan ke Jepang (Biaya Tanpa Tourguide)

0
49
Tips liburan ke jepang (6)

Halo! aku mau sharing ke kalian nih tips liburan ke Jepang yang murah tanpa pakai tourguide atau travel. pasti banyak dari kalian yang punya cita cita untuk pergi ke negara sakura tersebut kan? nah jepang ini adalah sebuah negara yang modern, bersih, rapi, dan penduduknya sangat tertib membuat negara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh orang Indonesia loh guys. nah aku akan kasih tau nih apa aja yang perlu kalian tau dan harus kalian siapkan sebelum pergi ke Jepang.

Visa

Tips liburan ke jepang (8)

Hal pertama yang harus siapin sebelum pergi ke jepang adalah mengurus visa Jepang. Tapi kalau kalian udah E-paspor kalian bebas keluar masuk jepang engga perlu ngurus visa lagi. Nah berhubung aku belum E-paspor jadi aku ngurus visa dulu . hal yang dibutuhin untuk ngurus visa itu sebenernya hal yang standar semacam foto dengan background warna putih, ktp, kk, akte kelahiran, buku nikah(kalau punya), tiket pesawat pulang pergi, dan lain lainnya. untuk lebih lengkap kalian bisa buka websitenya langsung provide persyaratan visa tapi kurang lebih sama kaya pembuatan visa pada umumnya.

Pesawat dan Hotel

Tips liburan ke jepang (2)

Kalau untuk pesawatnya aku rekomen kalian booking dari jauh jauh hari karena kalo mepet nanti harganya lebih mahal dan susah nyari tiket yag murah. Dan mendingan kalian sering cek di aplikasi traveloka atau semacamnya barangkali ada promo atau ada tiket murah, nah kalau ada tiket yang murah bisa langsung kalian beli sebelum keduluan sama yang lain.

Kalau untuk penginapan sebetulnya di sesuaikan sama budget kalian.kalo misalkan kalian budgetnya engga terlalu banyak kalian bisa cari hotel yang engga di pusat kota tapi kalau budget kalian berlebih kalian bisa cari hotel di tengah kota.

Itinerary (Rencana Perjalanan)

Tips liburan ke jepang (3)

Kalau kalian mau pergi ke Jepang aku saranin bikin itinerary sedetail dan sematang mungkin karena kalau kalian pergi ke Jepang engga tau mau ngapain tiba tiba pergi aja aku yakin disana pasti kalian bingung banget. selain disana orangnya susah buat ditanyain karena jarang yang bisa bahasa inggris, terus disana juga papan petunjuk jalannya pakai bahasa jepang, dan kalau disana bingung mau ngapain menurut aku sayang banget buang buang waktu. Jadi bagusnya sebelum pergi ke jepang harus prepare jadwal dari jauh jauh hari. kalian juga harus tau jarak dari suatu tempat ke tempat lain seberapa jauh dan seberapa lama perjalanannya biar engga kehabisan banyak waktu di jalan.

Musim

Tips liburan ke jepang (3)

Di jepang itu 4 musim ada musim dingin, panas, semi, dan gugur. Sebelum kalian dateng ke jepang kalian harus cek dulu disana lagi musim apa biar engga salah bawa baju. Kalo dari penglaman aku kesana dateng waktu musim panas. Jujur aja waktu musim panas disana bener bener panas banget dan kalau kalian mau datang waktu musim panas kalian mending cari baju senyaman mungkin dan yang bahannya tipis. Oh iya, kalau kalian ngincer dateng waktu musim sakura kalian mending dateng antara bulan maret – april karena di bulan itu biasanya lagi musim semi tapi dimusim itu juga jepang lagi rame ramenya.

Mata Uang

Tips liburan ke jepang (5)

Di jepang mata uangnya adalah yen, aku waktu ke jepang engga nuker uang dulu ke money changer jadi aku tipsnya begitu sampe di bandara langsung ambil uang di atm dan biasanya aku pakai atm 7-eleven. atm tersebut bisa pakai bahasa inggris, cara ngegunainnya juga gampang, dan chargenya engga terlalu gede. Habis itu tinggal ambil aja uang di atm terus udah deh punya duit dengan mata uang  yen.

Etika

Tips liburan ke jepang (1)

Selanjutnya adalah hal hal umum yang harusya kita tau kalo ada di Jepang yaitu etika. Kalian harus sadar diri karena orang jepang itu sangat menjaga privasi satu sama lainnya. jangan sekali kali merekam atau ngefoto muka orang Jepang yang tidak kalian kenal tanpa izin karena itu amat sangat engga sopan di Jepang. terus juga budaya antri, kalo di Jepang jangan sekali kali nyerobot antrian. Kalau lagi mau naik kereta antri dulu, biarin orang keluar dari kereta baru kalian masuk . kalau kalian naik eskalator berdirinya di sebelah kiri jadi sisi yang sebelah kanan dikosongin supaya orang yang lagi buru buru bisa lewat. Banyak sih sebenernya hal hal yang harus kalian perhatiin tinggal kalian lebih peka aja sama orang orang disekitar. mereka sikapnya kaya gimana, nanti kalian ikutin aja. Kalau lagi ada di negara orang mau engga mau kita harus ngikutin sistem yang ada disana jadi jangan semaunya sendiri.

Transportasi

Tips liburan ke jepang (1)

Kalau kalian manja maunya naik taxi atau nyewa mobil dan kendaran pribadi lainnya itu jatohnya mahal banget disana buat parkir juga mahal banget jadi aku rekomen pakai transportasi umum kaya bis atau kereta. Karena perbedaan harganya jauh dan kalau pakai kendaraan umum juga bisa menghemat biaya. Untuk transportasi disana itu cukup gampang kok tapi kalau baru pertama kali ke jepang mungkin akan bingung. Jadi kalau kalian mau pakai kendaraan umum musti punya kartu namanya pasmo, untuk pembelian kartunya ada di mesin gitu di setiap stasiun ada . Nanti kalau kalian udah dapet kartu pasmonya tinggal kalian isi saldo terus kalau mau naik kendaraan tingal di tap tap aja.

Makanan

Tips liburan ke jepang (4)

Harga makanan di jepang jauh lebih mahal daripada di Indonesia cuma disana porsinya juga jauh lebih besar kalau aku sih biasanya satu piring buat berdua dan itu tetep kenyang kok karena emang porsinya sebanyak itu. Buat kalian yang suka makan pedes aku saranin bawa boncabe atau sambal dari rumah karena di jepang jarang banget ada makanan pedas. Tapi so far makanan di jepang enak enak dan unik unik banget. Oh ya buat kalian yang muslim kalau pesan makanan lebih baik tanya dulu ke penjualnya karena disana kebanyakan makanan mengandung daging babi. Kalau ke jepang banyakin minum air putih karena aktifitasnya itu jalan kaki dan pakai kendaran umum jadi pasti butuh banget air buat minum. kalian engga perlu khawatir nentengin air mineral karena tiap pengkolan tuh ada vending mesin harganya juga relatif murah dan gampang banget nyarinya.

Belanja

Tips liburan ke jepang (2)

Di jepang itu banyak tempat buat belanja waktu itu aku ke tokyo bisa ke harajuku, shibuya, dan masih banyak lagi tempat buat belanja. Disana juga banyak pernak pernik lucu yang suka anime, kartun, dan segala macamnya itu disana lengkap. Nah yang suka make up juga engga ketinggalan nih di jepang itu banyak banget produk make up atau skincare yang engga dijual di indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here